Artikel Terbaru

Diposkan oleh : food pada 1:42 pm tanggal October 7, 2016

Supaya Tetap Bugar Sikecil Jangan Lupa Makan Bayam Dan Hati Ayam

food.ijomuda.com – Bila sikecil kini tampak terlihat pucat dan juga lemas, maka bisa jadi ia kekurangan zat besi. Maka dari itu jangan sampai ketinggalan supaya sikecil tetap diberikan makanan yang kaya akan zat besi dalam menu makan sehrai harinya.

Zat besi merupakan salah satu mineral penting yang tentunya dibutuhkan guna memproduksi sel darah merah. Sel darah merah berperan penting karena bisa memberikan oksigen keseluruh tubuh. Jika kandungan zat besi dalam tubuh rendah, maka hal ini bisa menyebabkan rendanya daya tangkap buah hati anda, mengalami lambatnya pertumbuhan motorik, kelemahan otot, lesu, mudah mengalami infeksi, pilek, flu, hingga sakit kepala.

Supaya Tetap Bugar Sikecil Jangan Lupa Makan Bayam Dan Hati Ayam

Zat besi terdapat dalam dua jenis yaitu heme dan non heme. Zat besi heme biasanya terdapat banyak dari hewani seperti halnya daging. Dan untuk jenis non heme bisa kita temui dari tanaman atau bahkan sayur sayuran.

Dan untuk sikecil, khususnya balita yang berusia 1-3 tahun, maka membutuhkan setidaknya sekitar 7 mg zat perhari. Sedangkan untuk usia 4-8 tahun ini membutuhkan sekitar 10 mg zat besi untuk perharinya.

Dalam setiap harinya, sikecil memerlukan berbagai makanan yang banyak mengandung zat besi. Daging merah, hati ayam, kacang kacangan , bayam sampai tuna.

Supaya Tetap Bugar Sikecil Jangan Lupa Makan Bayam Dan Hati Ayam

Dalam setiap 100 gram daging sapi mengandung 201Kkal, 18,8 gr protein, 14 gr lemak, 11 mg kalsium dan juga 2,8 mg zat besi. Daging sapi ini bisa kita olah dalam berbagai macam olahan makanan seperti dibuat sup, bakso, atau bahkan patty burger.

Dan untuk sayuran yang berdaun hijau seperti kele, brokoli dan juga bayam bisa menjadi pilihan makanan tinggi zat besi anak anda. Bila diteliti dalam secangkir bayam mengandung  3 mg zat besi. Serta jangan lupa untuk menambahkan kacang kacangan dan sayuran kedalam telur dadar guna meningkatkan kadar zat besi dalam makanan.

Zat besi umumnya mudah diserap dengan memberikan bantuan kombinasi makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, brokoli, pepaya, paprika tomat, sampai dengan kentang.