Artikel Terbaru

Diposkan oleh : food pada 8:43 am tanggal February 8, 2017

food.ijomuda.com – Kopi kini tidak lagi dikonsumsi pada pagi hari atau hanya sekedar pengusir kantuk saat dimana sedang begadang. Minuman yang berwarna hitam ini sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat indonesia. Maka tidak heran lagi kini telah banyak kedai kedai kopi yang menjual berbagai jenis kopi pilihan, seperti misalnya dari single origin, sampai dengan coffe blend

Meskipun demikian, trennya biji kopi ternyata belum mampu untuk mengalahkan ketenaran dari kopi tubruk dan kopi instan. Karena jenis kedua kopi ini, merupakan jenis kopi yang paling digemari oleh masyarakat, khususnya Indonesia. Hal ini disebabkan karena teknik pengolahnnya yang cenderung praktis dan juga sederhana

Perbedaan Kopi Tubruk Dan Kopi Instan

Membahas mengenai kopi tubruk dan kopi instan, ternyata ada beberapa perbedaan yang cukup menjolak dari keduanya. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh salah seorang pemilik kedai kopi On Coffe, Idun Naxnan. Perbedaan dari kedua jenis kopi ini bisa dilihat dari bahan bakunya. Pada dasarnya kopi instan sudah dicampurkan dengan susu, gula dan juga bahan pelengkap lainnya. Namun berbeda dengan kopi tubruk ini benar benar hanyan bubuk kopi saja.

Meskipun kopi instan sudah diproses, kafein pada kopi instan dan juga polyphenols sehat yang biasa ditemukan pada kopi isntan tetap diawetkan. Kopi instan akan terasa manfaatnya ketika mulai diseduh. Kopi instan sendiri sebenarnya merupakan kopi seduhan yang entah dibekukan atau dikeringkan sehingga cairannya menghilang.

Namun memang sebagian dari polyphenols dan cita rasanya ikut menghilang. Dan seberapa besar menghilangkan tergantung pada biji kopi, proses dari penyeduhannya dan juga metode pengeringan yang digunakannya.

Lebih lanjut lagi menurutnya teknik untuk pengolahan dari kedua jenis kopi ini juga berbeda. Untuk jenis kopi instan, maka anda bisa langsung menyiramnya dengan air panas, karena kopi instan sengaja didesain supaya bisa langsung dinikmati.

Sedangkan kopi tubruk lebih istimewa. Kopi jenis ini bisa diseduh langsung seperti layaknya kopi instan, atau juga bisa menggunakan filter guna menghilangkan ampasnya. Selain itu juga penyeduhan kopi tubruk bisa anda lakukan dengan menggunakan metode cupping. Tujuan dari cara ini guna mengetahui kualitas dan juga rasa kopi.

Baca Juga : Rahasia Bikin Nasi Goreng Makin Renyah Dan Pedas